cover
Contact Name
Septian Arief
Contact Email
dosen01126@unpam.ac.id
Phone
+628557997002
Journal Mail Official
kahpi.lkkunpam@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Kajian Agama Hukum dan Pendidikan Islam (KAHPI)
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 26857502     EISSN : 26858401     DOI : 10.32498/KAHPI
Jurnal Kajian Agama, Hukum, dan Pendidikan Islam, disingkat KAHPI diterbitkan oleh Lembaga Kajian Keagamaan Universitas Pamulang sebagai wadah publikasi hasil penelitian di bidang Agama Islam, Hukum Islam dan Pendidikan Islam. Diterbitkan 2 kali dalam setahun, pada Juli dan Desember. Terbit pertama pada 01 Juli 2019, sebagai Volume 1.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2020): VOL 2, NO 2 DESEMBER 2020: JURNAL KAJIAN AGAMA, HUKUM DAN PENDIDIKAN ISLAM" : 5 Documents clear
KORELASI PENDIDIKAN DAN USHUL FIQH DALAM KONSEP ISTISHLAH DAN SADD DZARI’AH Anastasya Ramadhina; Yunus Yunus
Jurnal Kajian Agama Hukum dan Pendidikan Islam (KAHPI) Vol 2, No 2 (2020): VOL 2, NO 2 DESEMBER 2020: JURNAL KAJIAN AGAMA, HUKUM DAN PENDIDIKAN ISLAM
Publisher : Lembaga Kajian Keagamaan Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/kahpi.v2i2.p15-25.9446

Abstract

Nilai-nilai yang terdapat dalam sumber hukum Islam, seperti al Quran, istihlah, sadd al dhara’i‘, diterapkan ke dalam masyarakat dan diterapkan secara menyeluruh di dalam lembagalembaga pendidikan Nilai-nilai ini ditransmisikan kepada para peserta didik melalui metode-metode seperti dialog, kerja sama, pemecahan masalah dan pembuatan batasan yang demokratis. Dalam mentransfer pengetahuan dan nilai-nilai ini, seorang pendidik harus berpijak pada dua pendekatan yang sangat penting yaitu; pertama, mendorong sikap hormat terhadap perbedaan, dengan berpijak pada konsep bahwa pendidikan sebagai cermin (mirror), jendela (window), dan percakapan (conversation); kedua, melakukan aktivitas kelas yang lebih kooperatif berbasis pada asas keadilan dan persamaan. Sedangkan Pendidikan Islam sejalan dan bahkan merupakan penerapan konsep Sadd adz-dzarâi karena teori tersebut dirancang untuk mengantisipasi kemungkinan kerusakan di masa depan bagi lembaga pendidikan Islam. Kata Kunci: Korelasi, Pendidikan dan Ushul Fiqh. 
EKSISTENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGAMALAN KEAGAMAAN DI UNIVERSITAS PAMULANG Mukhoyyaroh Mukhoyyaroh
Jurnal Kajian Agama Hukum dan Pendidikan Islam (KAHPI) Vol 2, No 2 (2020): VOL 2, NO 2 DESEMBER 2020: JURNAL KAJIAN AGAMA, HUKUM DAN PENDIDIKAN ISLAM
Publisher : Lembaga Kajian Keagamaan Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/kahpi.v2i2.p26-41.9447

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat eksistensi pembelajaran PAI dalam pengalaman keagamaan yang dilakukan oleh mahasiswa. Dari hasil penelitian atau temuannya tentang eksistensi PAI terletak pada penerapan model dalam pembelajaran PAI di Sastra Inggris yang menciptakan mahasiswa bersikap inklusif, toleran dan gotong royong dalam keragaman agama dan budaya. Di samping itu, salah satu program yang juga diminati oleh mahasiswa di prodi sastra inggris adalah pelaksanaan KUM (Kampus UNPAM Mengaji), memberikan pemahaman ukhuwah Islamiah (persaudaraan seagama), ukhuwah wathaniyyah (persaudaraan sebangsa), ukhuwah bashariyah (persaudaraan sesama manusia). Sehingga konsep ukhuwah ini, mahasiswa mengembangkan karakter yang teraktualisasi dalam sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, cinta damai, responsif dan proaktif; bertanggung jawab atas keputusan yang diambil berdasar prinsip musyawarah serta mengaktualisasikan nilai-nilai agama yang terkandung di dalamnya sebagai paradigma berpikir, bersikap, dan berperilaku. Kata Kunci:  Eksistensi, Pembelajaran PAI, KUMPenelitian ini bertujuan untuk melihat eksistensi pembelajaran PAI dalam pengalaman keagamaan yang dilakukan oleh mahasiswa. Dari hasil penelitian atau temuannya tentang eksistensi PAI terletak pada penerapan model dalam pembelajaran PAI di Sastra Inggris yang menciptakan mahasiswa bersikap inklusif, toleran dan gotong royong dalam keragaman agama dan budaya. Di samping itu, salah satu program yang juga diminati oleh mahasiswa di prodi sastra inggris adalah pelaksanaan KUM (Kampus UNPAM Mengaji), memberikan pemahaman ukhuwah Islamiah (persaudaraan seagama), ukhuwah wathaniyyah (persaudaraan sebangsa), ukhuwah bashariyah (persaudaraan sesama manusia). Sehingga konsep ukhuwah ini, mahasiswa mengembangkan karakter yang teraktualisasi dalam sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, cinta damai, responsif dan proaktif; bertanggung jawab atas keputusan yang diambil berdasar prinsip musyawarah serta mengaktualisasikan nilai-nilai agama yang terkandung di dalamnya sebagai paradigma berpikir, bersikap, dan berperilaku. Kata Kunci:  Eksistensi, Pembelajaran PAI, KUM AbstractThis study aims to represents the implementation of the Islamic Religious education as the extra curriculum for the 30 second semester students of the English Department, Faculty of Letters-University of Pamulang. The research applied the qualitative by interpreting the data collected through deep interview to the respondents and observation. The result of research indicates that the students relished the program called KUM (Kampus Umpam Mengaji) empowering students to study Al Qu’ran with the teaching and learning model based on the Islamic brotherhood (ukhuwah). The values of this Islamic brotherhood consist of namely patriotism (ukhuwah wathaniyah) and humanitarism (ukhuwah basyariah). With the implementation of this model the students’ performed their integrity in honesty, discipline, responsibility, caring, politeness, environmentally friendly, mutual-understanding, mutual-respect, peace-loving, responsive and proactive. The students execute those Islamic values as their paradigm on their thought, behavior, and attitudes. Keywords: Existence, PAI Learning, KUM               
“DAMPAK KAJIAN KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN GENARASI BERBUDAYA UNGGUL DI ERA DIGITAL”. Subhan Fadli
Jurnal Kajian Agama Hukum dan Pendidikan Islam (KAHPI) Vol 2, No 2 (2020): VOL 2, NO 2 DESEMBER 2020: JURNAL KAJIAN AGAMA, HUKUM DAN PENDIDIKAN ISLAM
Publisher : Lembaga Kajian Keagamaan Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/kahpi.v2i2.p42-50.9448

Abstract

Lembaga kajian merupakan sarana kampus bidang religius dan kederisasi generasi, digitalisasi teknologi banyak mempengaruhi cara beragama kaum melinial, degradrasi moral dan membangun etika keislaman genarasi melinial menjadi pekerjaan utama lembaga kajian. Tujuan yang akan dicapai dengan etika dan ajaran-ajaran moral adalah kebahagiaan yang digambarkan sebagai perpaduan unsur-unsur rasa aman, damai, dan tenang. Menurut para filosof muslim, kebahagian dapat diraih melalui perbuatan-perbuatan kesusilaan dan juga pengerahan daya akal yang mendalam. Mereka menganggap bahwa kebahagiaan yang dicapai melalui jalan pengerahan kemampuan akal sedalam-dalamnya mempunyai tingkatan lebih tinggi dibanding melalui jalan kesusilaan.Generasi Unggul dalam konsep keilmuan yang sangat penting demi perkembangan pendidikan agama Islam, yaitu dengan prinsip menggabungkan ‘Aql dan Dhauq yang akan diolah secara rasio dan intuisi. Kata Kunci : Kajian Keagamaan ,Budaya Unggul, Melinial
PENGARUH LAYANAN QUR’AN CALL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK PADA SMP PLUS PEWARIS PERADABAN CISEENG KABUPATEN BOGOR Wulandari Wulandari; Ahmad Haromaini; Nasrudin Nasrudin
Jurnal Kajian Agama Hukum dan Pendidikan Islam (KAHPI) Vol 2, No 2 (2020): VOL 2, NO 2 DESEMBER 2020: JURNAL KAJIAN AGAMA, HUKUM DAN PENDIDIKAN ISLAM
Publisher : Lembaga Kajian Keagamaan Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/kahpi.v2i2.p51-58.9449

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan Qur’an Call terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik pada SMP Plus Pewaris Peradaban Ciseeng Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket. Responden penelitian ini berjumlah 51 peserta didik. Berdasarkan hasil olah data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwasanya layanan Qur’an call berpengaruh kuat sebesar 44,89% terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an Peserta didik. Dan pada pengujian hipotesis thitung>ttabel mengandung arti bahwa Ho ditolak dan diterima Ha.Kata Kunci : Al-Qur’an, layanan Qur’an Call , Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an
EFEKTIVITAS PEMBIASAAN TADARUS AL-QUR’AN SEBELUM KBM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI BENTUK RELIGIUSITAS MAHASISWA UNIVERSITAS PAMULANG Fil Isnaeni; Fatimah Fatimah
Jurnal Kajian Agama Hukum dan Pendidikan Islam (KAHPI) Vol 2, No 2 (2020): VOL 2, NO 2 DESEMBER 2020: JURNAL KAJIAN AGAMA, HUKUM DAN PENDIDIKAN ISLAM
Publisher : Lembaga Kajian Keagamaan Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/kahpi.v2i2.p1-14.9445

Abstract

Tantangan pendidikan di era 4.0 menuntut mahasiswa untuk memiliki kompetensi yang dapat diberdayagunakan untuk menjawab tantangan zaman. Mahasiswa harus memiliki kemampuan berpikir kritis, kreativitas, serta komunikatif. Sehingga predikat agen of chage pada mahasiswa dapat terwujud. Peningkatan mutu pendidikan pada kualitas mahasiswa terus ditingkatkan, terutama dalam proses pembelajaran. Output dan outcame yang didapat mahasiswa sebagai keluaran perguruan tinggi menjadi jawaban terhadap kualitas mahasiswa. Namun demikian, sebagaimana visi dari universitas pamulang tentang humanis dan religius. Maka keluaran dari mahasiswa juga memiliki nilai-nilai humanis dan religius.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan jenis penelitian analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menelaah data, mereduksi data, pengkodean, mengadakan pemeriksaan keabsahan data dan menyimpulkan data dari fakta-fakta secara khusus kemudian disimpulkan secara umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk menegtahui bagaimana proses penerapan pembiasaan tadarus al-Qur'an dilingkungan mahasiswa. Selain itu penelitian ini dilaksanakan guna menunaikan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat yaitu penelitian. Hal ini berdasarkan pada pasal 20 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan berdasarkan pasal 24 UU Diknas yang menyatakan bahwa adanya otonomi oleh perguruan tinggi untuk mrngrlola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan perguruan tinggi, penelitian ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat. Yang diharapkan hasil penelitian ini mampu dijadikan sebagai salah satu tolak ukur visi misi Universitas Pamulang yaitu menjadi universitas yang humanis dan religius. Selain itu penelitian ini nantinya akan dijurnalkan.Kata Kunci : Pembiasaan; Tadarus; Religius  

Page 1 of 1 | Total Record : 5